Pendidik Inspiratif Ahmad D.Marimba Oleh Prof.Mardianto
Pendidik juga adalah manusia dengan sifat-sifatnya
yang tidak sempurna. Oleh karena itu, maka menjadi tugas pula bagi sipendidik untuk selalu meninjau diri sendiri. Dari reaksi sianak, dari hasil-hasil usaha pendidikan, pendidik dapat memperoleh bahan-bahan tentang keadaan dirinya sendiri. Jangan malu mendapat kecaman dari pihak siterdidik. Kecaman yang membangun, besar sekali nilainya. (Ahmad D.Marimba,1979)
Menjadi pendidik insipatif
adalah harus belajar sepanjang hari, mengapa harus belajar, karena seorang pendidik yang ingin menuju kesempurnaan ia harus terus menyadari setiap saat dirinya perlu
belajar, setiap tempat dirinya harus dapat mengajar, setiap kesempatan ia harus mendapatkan inspirasi
pembelajaran.
Ketika seorang pendidik terus
belajar maka ia akan mendapatkan orang
lain yang mungkin dapat dijadikan pendidiknya. Belajarlah
kepada siapa saja selagi
apa yang dikatakan
adalah untuk kebaikan. Karena
bagaimanapun kesempurnaan diri pendidik adalah
ketika ia sadar bahwa
dirinya adalah bagian dari orang lain yang sedang belajar.
Belajarlah dimana saja,
karena kesempurnaan seorang pendidik adalah yang tidak membatasi
diri bahwa belajar
harus di kelas, di madrasah, tetapi
di bumi Allah adalah
tempat segala-galanya.
Berpendidiklah kapan saja, karena kesempurnaan seorang pendidik
adalah ketika ia tiada henti untuk belajar. Sekali belajar
sebaiknya ia mengajarkan apa yang dipelajari. Dua kali mengajar sebaiknya sekali mengajarkan apa
yang dipelajari. Tiga kali
belajar sebaiknya ia mulai sadar
bahwa bila tidak sanggup
mengajarkannya, maka pelajarilah
sesuatu yang sederhana tetapi sanggup mengajarkannya.
Pendidik juga manusia,
apa yang ada dihadapannya, anak, kecaman, masalah, semuanya adalah bagian dari upaya membesarkan kita menjadi pendidik
sejati. Pendidik yang memiliki ilmu tinggi akan teruji bila ia sanggup menghadapi segala hal tekait dengan
ilmu yang dikembangkan. Termasuk dalam mendidik, pendidik yang teruji
adalah mereka
yang siap menghadapi segala hal tentang
pendidikan, pembelajaran, penilaian dan lain sebagainya.