Pendidik Inspiratif 41
Oleh Mardianto
Kesempurnaan ajaran Islam menyimpan khazanah khazanah
berharga, dapat digunakan
untuk membantu menyelesaikan problema
yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya (Syaifu Akhyar Lubis, 2011).
Berfikir sempurna itu mutlak, bahwa mengarah
kepada kesempurnaan itu perlu,
pendidik yang ideal itu adalah tujuah. Untuk mendapatkan hasil
pembelajaran yang sempurna maka diperlukan landasan fikir yang sempurna, berfikir tidak setengah setengah, apalagi melakukan sesuatu dengan tanpa perecanaan kesempurnaan. Jelas bahwa berfikir
dan bertindak total adalah bagian penting
dalam kehidupan ini (kaffah).
Mendidik secara sempurna dapat
dikembangkan dari persepsi, aksi, kreasi
dan apresiasi. Pendidik inspiratif memper- sepsikan diri adalah
makhluk yang sempurna
untuk melakukan tugas pendidikan.
Pada dirinya terdapat segala
potensi untuk menjadi
pendidik, pelatih,
pembina, pembimbing, pengembang,
tauladan dan semuanya yang
bertemakan mengembangkan sumber daya manusia. Kini tinggal bagaimana ia menempatkan dan menumbuhkannya. Pendidik inspiratif siap beraksi untuk melakukan secara total, dirinya,
keluarga, teman teman,
unit kerja adalah
bagian dari keseluruhan kegiatan pendidikan. Bila ditugaskan untuk kegiatan pendidikan kapanpun, dimanapun, dengan siapapun ia siap untuk melakukannya. Pendidik inspiratif tak pernah berhenti
melakukan hal hal baru yang
belum ditemukan pada waktu sebelumnya. Ia tidak takut untuk
salah, apalagi tidak berani melakukan hal belum pernah dilakukan. Kreasi akan muncul
pada pendidik yang tak pernah
puas dengan keadaan,
akan tetapi tetap
ingin sempurna
dalam setiap pekerjaan, ada saja yang dilakukan. Pendidik inspiratif
adalah mereka yang mengapresiasi semua
hal di sekelilingnya menjadi bagian dari hal positif untuk kegiatan
pendidikan. Tidak orang
yang tak menjadi guru, tidak ada tempat
yang tidak dapat dijadikan
kegiatan, pendidikan, tidak ada momen yang tak penting. Belajar dengan
kelas yang mewah adalah standart sempurna, tetapi belajar tanpa kelas, tanpa media, tetapi ada peserta didik dan
tujuan, ia dapat
melakukannya.
Pendidik inspiratif menyimpulkan bahwa pendidikan
sempurna adalah
bagaimana diri kita melakukan sesuatu
dari apa adanya
tetapi dapat menghasilkan sesuatu
yang sempurna. Jadi masalah menjadi
hilang dengan sendirinya.
Kita
setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita
bersinergi”.