Pendidik Inspiratif Prof.Dr.Syaiful Akhyar Lubis,MA

 


Pendidik Inspiratif 41

Oleh Mardianto

Kesempurnaan ajaran Islam menyimpan khazanah khazanah berharga, dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan problema yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya (Syaifu Akhyar Lubis, 2011).

Berfikir sempurna itu mutlak, bahwa mengarah kepada kesempurnaan itu perlu, pendidik yang ideal itu adalah tujuah. Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang sempurna maka diperlukan landasan fikir yang sempurna, berfikir tidak setengah setengah, apalagi melakukan sesuatu dengan tanpa perecanaan kesempurnaan. Jelas bahwa berfikir dan bertindak total adalah bagian penting dalam kehidupan ini (kaffah).

Mendidik secara sempurna dapat dikembangkan dari persepsi, aksi, kreasi dan apresiasi. Pendidik inspiratif memper- sepsikan diri adalah makhluk yang sempurna untuk melakukan tugas pendidikan. Pada dirinya terdapat segala potensi untuk menjadi pendidik, pelatih, pembina, pembimbing, pengembang, tauladan dan semuanya yang bertemakan mengembangkan sumber daya manusia. Kini tinggal bagaimana ia menempatkan dan menumbuhkannya. Pendidik inspiratif siap beraksi untuk melakukan secara total, dirinya, keluarga, teman teman, unit kerja adalah bagian dari keseluruhan kegiatan pendidikan. Bila ditugaskan untuk kegiatan pendidikan kapanpun, dimanapun, dengan siapapun ia siap untuk melakukannya. Pendidik inspiratif tak pernah berhenti melakukan hal hal baru yang

belum ditemukan pada waktu sebelumnya. Ia tidak takut untuk salah, apalagi tidak berani melakukan hal belum pernah dilakukan. Kreasi akan muncul pada pendidik yang tak pernah puas dengan keadaan, akan tetapi tetap ingin sempurna dalam setiap pekerjaan, ada saja yang dilakukan. Pendidik inspiratif adalah mereka yang mengapresiasi semua hal di sekelilingnya menjadi bagian dari hal positif untuk kegiatan pendidikan. Tidak orang yang tak menjadi guru, tidak ada tempat yang tidak dapat dijadikan kegiatan, pendidikan, tidak ada momen yang tak penting. Belajar dengan kelas yang mewah adalah standart sempurna, tetapi belajar tanpa kelas, tanpa media, tetapi ada peserta didik dan tujuan, ia dapat melakukannya.

Pendidik inspiratif menyimpulkan bahwa pendidikan sempurna adalah bagaimana diri kita melakukan sesuatu dari apa adanya tetapi dapat menghasilkan sesuatu yang sempurna. Jadi masalah menjadi hilang dengan sendirinya.

Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.