Pendidik
Inspiratif
Oleh Mardianto
Mendidik
ialah tugas yang penuh resiko dan tanggungjawab. Sebagai jabatan maka
seyogianya tugas itu diserahkan kepada mereka yang memiliki watak dan
kesenangan bekerja untuk orang lain. Banyak persoalan persoalan yang harus
dipecahkan untuk menentukan apakah seseorang sanggup dan sesuai untuk menjabat
tugas pendidik tesebut. Antara lain mengenai hal-hal seperti sifat-sifat
keperibadian manakah yang perlu dimiliki untuk menjadi pendidik yang
berhasil, pendidikan apa yang harus ditempuh serta syarat-syarat lainnya
untuk dapat berwenang sebagai pendidik.
(Rosdiana
A.Bakar, 2009:113).
Pendidik adalah profesi, karena itu
ia memiliki syarat, ketentuan serta regulasi yang menjadi bagian dari hak dan
kewajibannya. Syarat pendidik akan menjadi bagian penting bagaimana
mempersiapkan seorang pendidik. Ketentuan akan menjadi rambu-rambu yang harus
dipatuhi karena dengan itu seorang pendidik akan bekerja dengan baik dan benar.
Sementara itu regulasi harus dipahami dan dipedomani karena dengan itupula
profesi akan terlindungi dan sekaligus hak dan kewajibannya akan terakomodir
dalam bekerja.
Tidak semua orang dapat menjadi
pendidik, karena syarat-syarat tertentu menjadikan seseorang menjadi
profesional. Mengikuti jenjang pendidikan strata satu atau sarjana pendidikan
itu adalah salah satu jalan utama untuk menjadi pendidik. Betapa tidak dalam
program sarjana ini diberikan ilmu dasar dasar pendidikan, ilmu pendidikan yang
didalamnya memberikan muatan hakikat pendidikan. Bahkan apa, bagaimana serta
tujuan apa kegiatan pendidikan itu dilaksanakan akan membekali seorang sarjana,
yang akhirnya ia akan memilih dan memutuskan apakah ingin menjadi pendidik atau
guru atau justru mundur.
Semua pendidik atau guru yang telah
melaksanakan kegiatan pendidikan kadang kala menghadapi masalah, maka bila ia
mengikuti seluruh ketentuan akan selamat. Sebagai contoh bila guru merencanakan
pembelajaran dari kurikulum maka perencanaan akan baik. Bila guru mengembangkan
strategi sesuai dengan kemampuan anak dan keadaan fasilitas maka proses akan
efektif. Bila guru mengevaluasi sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka akan
terukur apa yang diinginkan.
Regulasi itu penting, tetapi
kepribadian guru itu lebih utama. Guru yang memiliki bakat, serta niat yang
baik sampai komitmen terhadap tugasnya, maka akan menghasilkan pendidikan yang
bertanggungjawab. Jadi regulasi dibuat adalah untuk melindungi guru agar apa
yang dilakukannya dapat diapresiasi oleh siapa saja yang peduli terhadap
pendidikan.
Pendidik inspiratif adalah mereka
yang memiliki persyaratan utama menjadi guru, ia melakukan pemenuhan terhadap
berbagai ketentuan dalam menjalankan pendidikan, serta paham akan
regulasi. Dengan itu pula kepribadian
pendidik akan memberi gambaran masa depan generasi muda dapat dilaksanakan
dengan tanggungjawab.
Kita
setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita
bersinergi”.