Pendidik Inspiratif Rosidana A.Bakar


 

Pendidik Inspiratif 

Oleh Mardianto

Mendidik ialah tugas yang penuh resiko dan tanggungjawab. Sebagai jabatan maka seyogianya tugas itu diserahkan kepada mereka yang memiliki watak dan kesenangan bekerja untuk orang lain. Banyak persoalan persoalan yang harus dipecahkan untuk menentukan apakah seseorang sanggup dan sesuai untuk menjabat tugas pendidik tesebut. Antara lain mengenai hal-hal seperti sifat-sifat keperibadian manakah yang perlu dimiliki untuk menjadi pendidik yang berhasil, pendidikan apa yang harus ditempuh serta syarat-syarat lainnya untuk dapat berwenang sebagai pendidik.

(Rosdiana A.Bakar, 2009:113).

Pendidik adalah profesi, karena itu ia memiliki syarat, ketentuan serta regulasi yang menjadi bagian dari hak dan kewajibannya. Syarat pendidik akan menjadi bagian penting bagaimana mempersiapkan seorang pendidik. Ketentuan akan menjadi rambu-rambu yang harus dipatuhi karena dengan itu seorang pendidik akan bekerja dengan baik dan benar. Sementara itu regulasi harus dipahami dan dipedomani karena dengan itupula profesi akan terlindungi dan sekaligus hak dan kewajibannya akan terakomodir dalam bekerja.

Tidak semua orang dapat menjadi pendidik, karena syarat-syarat tertentu menjadikan seseorang menjadi profesional. Mengikuti jenjang pendidikan strata satu atau sarjana pendidikan itu adalah salah satu jalan utama untuk menjadi pendidik. Betapa tidak dalam program sarjana ini diberikan ilmu dasar dasar pendidikan, ilmu pendidikan yang didalamnya memberikan muatan hakikat pendidikan. Bahkan apa, bagaimana serta tujuan apa kegiatan pendidikan itu dilaksanakan akan membekali seorang sarjana, yang akhirnya ia akan memilih dan memutuskan apakah ingin menjadi pendidik atau guru atau justru mundur.

Semua pendidik atau guru yang telah melaksanakan kegiatan pendidikan kadang kala menghadapi masalah, maka bila ia mengikuti seluruh ketentuan akan selamat. Sebagai contoh bila guru merencanakan pembelajaran dari kurikulum maka perencanaan akan baik. Bila guru mengembangkan strategi sesuai dengan kemampuan anak dan keadaan fasilitas maka proses akan efektif. Bila guru mengevaluasi sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka akan terukur apa yang diinginkan.

Regulasi itu penting, tetapi kepribadian guru itu lebih utama. Guru yang memiliki bakat, serta niat yang baik sampai komitmen terhadap tugasnya, maka akan menghasilkan pendidikan yang bertanggungjawab. Jadi regulasi dibuat adalah untuk melindungi guru agar apa yang dilakukannya dapat diapresiasi oleh siapa saja yang peduli terhadap pendidikan.

Pendidik inspiratif adalah mereka yang memiliki persyaratan utama menjadi guru, ia melakukan pemenuhan terhadap berbagai ketentuan dalam menjalankan pendidikan, serta paham akan regulasi.  Dengan itu pula kepribadian pendidik akan memberi gambaran masa depan generasi muda dapat dilaksanakan dengan tanggungjawab.

Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.