Pendidik Inspiratif Zakiah Daradjat

 

Pendidik Inspiratif Zakiah Daradjat

Oleh Mardianto

Pendidik agama mempunyai tugas yang cukup berat, yaitu ikut membina pribadi anak disamping mengajarkan pengetahuan agama kepada anak

Zakiah Daradjat (1979)

Bila situasi masyarakat mengalami banyak masalah, itu ada benarnya, terlebih bila kita ditumbuh besarkan.dengan kehidupan yang bermasalah. Seperti ilmuan juga, memandang masyarakat adalah dari sisi mana ia harus mulai. Ada masyarakat yang dianggap merupakan sumber masalah, menjadi variabel dari satu masalah, atau korban dari kebijakan yang bermasalah. Yang pasti hampir dipastikan bahwa masyarakat dengan masalah tidak dapat dipisahkan.

Posisi pendidik melihat masyarakat dan masalah kiranya harus dapat menempatkan diri pada proporsi yang benar dan tepat. Bila masyarakat adalah sumber masalah, maka datangilah mereka cari apa sebenarnya yang terjadi, dan biarkan mereka sendiri merumuskan masalahnya, tentu metodologi merumuskan pendidik yang membimbingnya.

Pendidik inspiratif harus kaya dengan metodologi-metodologi tentang masalah pendidikan dan kemasyarakatan. Bila masyarakat adalah menjadi variabel dari satu masalah, maka pendidik inspiratif kiranya dapat menganalisis dengan pendekatan sistem. Apa dan bagaimana sub variabel masyarakat, sub-sub variabel, begitu juga supra variabel, sampai supra-supra variabel dari masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dengan cara itu pendidik mulai menganalisis sistem filosofi, sistem keilmuan dan sistem teknis pelaksanaan. Dan apabila masyarakat adalah korban dari kebijakan yang bermasalah, itu tidak perlu dilibatkan masyarakat secara keseluruhan apalagi si empunya kebijakan. Dalam hal ini adalah pendidik inspiratif memiliki perencanaan pendidikan yang besar, luas bahkan futuristic untuk mengatasinya.

Kita harus ingat, memahami masalah secara baik dan benar itu berarti kita telah setengah menyelesaikan masalah.

Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.