Pendidik
Inspiratif Zakiah Daradjat
Oleh
Mardianto
Pendidik agama mempunyai tugas yang cukup berat, yaitu ikut membina
pribadi anak disamping mengajarkan pengetahuan agama kepada anak
Zakiah Daradjat (1979)
Bila situasi masyarakat mengalami banyak masalah, itu ada benarnya, terlebih bila kita ditumbuh besarkan.dengan kehidupan yang bermasalah. Seperti ilmuan juga,
memandang masyarakat adalah dari sisi mana
ia harus mulai. Ada masyarakat yang dianggap merupakan sumber masalah,
menjadi variabel dari
satu masalah, atau
korban dari kebijakan yang bermasalah. Yang pasti hampir dipastikan bahwa masyarakat dengan
masalah tidak dapat
dipisahkan.
Posisi pendidik melihat masyarakat
dan masalah kiranya harus dapat menempatkan diri pada proporsi yang benar dan tepat. Bila masyarakat
adalah sumber masalah, maka datangilah mereka cari apa sebenarnya yang terjadi,
dan biarkan mereka sendiri merumuskan masalahnya, tentu metodologi merumuskan pendidik
yang membimbingnya.
Pendidik inspiratif harus kaya dengan metodologi-metodologi
tentang masalah pendidikan dan kemasyarakatan. Bila masyarakat adalah menjadi variabel dari satu
masalah, maka
pendidik inspiratif kiranya dapat menganalisis dengan pendekatan sistem. Apa dan bagaimana sub variabel masyarakat, sub-sub variabel, begitu juga supra variabel, sampai
supra-supra variabel dari masalah yang ada di tengah-tengah
masyarakat. Dengan cara itu
pendidik mulai
menganalisis sistem filosofi, sistem keilmuan dan
sistem teknis pelaksanaan. Dan apabila masyarakat adalah korban dari kebijakan yang bermasalah, itu tidak perlu dilibatkan masyarakat secara keseluruhan
apalagi si empunya kebijakan. Dalam hal
ini adalah pendidik
inspiratif memiliki perencanaan pendidikan
yang besar,
luas bahkan futuristic untuk
mengatasinya.
Kita harus ingat, memahami masalah secara baik dan
benar itu berarti kita telah setengah menyelesaikan masalah.
Kita
setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita
bersinergi”.